Rumus dan Cara Menghitung Penjumlahan Bilangan Bulat Positif dan Negatif

Rumus Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Positif dan negatif beserta Cara Mudah Menghitung/Menentukan Hasil Penjumlahan Bilangan Bulat Positif dan Negatif_Sobat Pembaca, kadang memang seorang anak maupun siswa kelas 4-5 SD masih ada yang bingung dalam menyelesaikan penjumlahan bilangan positif dengan negatif. Salah satu penyebab anak belum begitu mahir dalam mengerjakan soal penjumlahan bilangan positif dengan negatif yaitu karena konsep opersi hitung bilangan positif (+) dengan  negatif ( - ) belum begitu dipahami oleh anak. Selain itu, cara penyampaian materinya tidak jarang masih menggunakan konsep hutang-piutang, seperti -3 + 2 = ... disampaikan dengan hutang 3 dibayar 2, masih sisa berapa?. Sebenarnya cara ini juga bisa membantu dalam memahamkan anak, namun alangkah baiknya gunakan rumus operasi hitung bilangan positif dan negatif agar siswa lebih paham konsepnya dan lebih cepat menerapkannya.
Rumus dan Cara Menghitung Penjumlahan Bilangan Bulat Positif dan Negatif
Rumus dan Cara Menghitung Penjumlahan Bilangan Bulat Positif dan Negatif

A. Rumus Operasi Hitung Penjumlahan Positif dan Negatif:
  • + + + = + ( bilangan positif ditambah bilangan positif hasilnya pasti bilangan positif ) 
  • - + - = - ( bilangan negatif ditambah bilangan negatif hasilnya pasti bilangan negatif) 
  • + + - = tidak tentu, bisa positif dan bisa jadi negatif (lihat penjelasan pada poin B.3) 
  • - + + = tidak tentu, bisa negatif dan bisa jadi positif (lihat penjelasan pada poin B.4)
B. Cara Menghitung Penjumlahan Bilangan Bulat Positif dan Negatif

1. Penjumlahan Bilangan Bulat Positif dengan Positif

Untuk operasi hitung penjumlahan bilangan + dengan + yang hasilnya pasti positif, sepertinya sudah maklum dan sangat mudah dipahami.

Contoh:
  • 2 + 3 = 5
  • 27 + 39 = 66
  • 112 + 25 = 137
Semua bilangan positif jika ditambahkan dengan bilangan positif, maka hasil penghitungannya pasti berupa bilangan positif ( + ditambah + sama dengan positif )
2. Penjumlahan Bilangan Bulat Negatif dengan Negatif
Bilangan negatif ditambah bilangan negatif hasilnya pasti berupa bilangan negatif.

Contoh:
  •  - 2 + (- 3 ) = - 5
  • - 27 + (- 39)= - 66
  • - 112 + (- 25) = - 137
Semua bilangan bulat negatif jika ditambahkan dengan bilangan negatif maka hasil penghitungannya pasti berupa bilangan negatif ( - + - = - )

3. Cara Menghitung Penjumlahan Bilangan Bulat Positif dengan Negatif
Menyelesaikan soal yang memuat operasi hitung penjumlahan bilangan positif dengan negatif memang harus dilakukan dengan lebih cermat karena bilangan positif ditambah bilangan negatif hasilnya bisa berupa bilangan positif dan bisa juga berupa bilangan negatif. Nah, permasalahannya di sekolah maupun di rumah seorang pendidik maupun orangtua sering menemui siswa/anak yang mengalami kesulitan dalam menentukan apakah hasil penjumlahan + ditambah - hasilnya positif atau negatif.

Langkah-Langkah Menghitung Penjumlahan Bilangan Bulat Positif dengan Negatif Menggunakan Metode Pengurangan:

Contoh soal:
  • a. 2 + ( -3 ) = ...
  • b. 3 + ( -2) = ...
Untuk menentukan apakah hasil dari kedua penjumlahan di atas berupa bilangan positif atau negatif, maka ketentuan rumusnya yaitu: 

Jika angka yang lebih besar berupa bilangan negatif, maka bisa dipastikan hasilnya berupa bilangan negatif. Misalnya 2 + (-3) = ... #Angka yang lebih besar yaitu angka 3, maka karena 3 bertanda negatif, maka hasilnya pun mengikuti tanda yang angkanya lebih besar. Jadi, 2 + ( -3) = -1 (negatif 1)

Sebaliknya, jika angka yang lebih besar berupa bilangan positif, maka bisa dipastikan hasilnya berupa bilangan positif. Misalnya 3 + (-2) = ...# Angka yang lebih besar yaitu angka 3, maka karena 3 bertanda positif, maka hasilnya pun mengikuti tanda yang angkanya lebih besar. Jadi, 3 + ( -2) = 1 (satu)

Cara Penyelesainnya:

Lakukan pengurangan angka yang lebih besar dengan angka yang lebih kecil tanpa memperhatikan nilainya ( abaikan dulu tanda/simbol bilangan negatifnya atau anggaplah dua bilangan tersebut sama-sama bilangan positif). Misalnya 2 dengan -3 itu angkanya lebih besar 3 daripada 2, tapi karena ada tanda negatif maka 2 dengan -3 nilainya lebih besar 2.

Nah, pada contoh soal 2 + (-3) = ..., maka ambil angka tiga, kemudian kurangkan dengan angka dua, jadi 3 - 2 = 1. Untuk tanda bilangannya mengikuti angka yang lebih besar, karena pada soal ini angka yang lebih besar bertanda negatif maka hasilnya pasti bertanda negatif, jadi 2 + (-3) = -1

Adapun untuk soal 3 + (-2 )= ..., maka ambil angka tiga, kemudian kurangkan dengan angka dua, jadi 3 - 2 = 1. Untuk tanda bilangannya mengikuti angka yang lebih besar, karena pada soal ini angka yang lebih besar berupa bilangan positif maka hasilnya pasti bilangan positif, jadi 3 + (-2) = 1


Contoh lain:

4 + (- 6) = ...
6 - 4 = 2, angka yang yang lebih besar yakni angka enam bertanda negatif, maka hasilnya mengikuti tanda angka yang lebih besar tersebut. Jadi, 4 + (-6) = - 2 ( negatif dua )

6 + ( - 4) = ...
6 - 4 = 2, angka yang yang lebih besar yakni angka enam bertanda positif, maka hasilnya mengikuti tanda angka yang lebih besar tersebut. Jadi, 6 + ( - 4) = 2 ( dua )

4. Cara Menghitung Penjumlahan Bilangan Bulat Negatif dengan Positif

Langkah-Langkah Menghitung Penjumlahan Bilangan Bulat Negatif dengan Positif Menggunakan Metode Pengurangan

Lakukan pengurangan angka yang lebih besar dengan angka yang lebih kecil tanpa memperhatikan nilainya ( abaikan dulu tanda/simbol bilangan negatifnya atau anggaplah dua bilangan tersebut sama-sama bilangan positif).

Contoh soal:
  • a. - 2 + 3 = ...
  • b. -3 + 2 = ...
Untuk menentukan apakah hasil dari kedua penjumlahan di atas berupa bilangan positif atau negatif, maka ketentuan rumusnya sama dengan pon ke-3 di atas, yaitu: 

Jika angka yang lebih besar berupa bilangan positif, maka bisa dipastikan hasilnya berupa bilangan positif. 

Sebaliknya, jika angka yang lebih besar berupa bilangan negatif, maka bisa dipastikan hasilnya berupa bilangan negatif. 

Nah, pada contoh soal - 2 + 3 = ..., maka ambil angka tiga, kemudian kurangkan dengan angka dua, jadi 3 - 2 = 1. Untuk tanda bilangannya mengikuti angka yang lebih besar, karena pada soal ini angka yang lebih besar bertanda positif maka hasilnya pasti bertanda positif, jadi - 2 + 1

Adapun untuk soal - 3 + 2= ..., maka ambil angka tiga, kemudian kurangkan dengan angka dua, jadi 3 - 2 = 1. Untuk tanda bilangannya mengikuti angka yang lebih besar, karena pada soal ini angka yang lebih besar berupa bilangan negatif maka hasilnya pasti bilangan negatif, jadi - 3 + 2 = - 1

Demikian tentang Rumus dan Cara Menghitung Penjumlahan Bilangan Bulat Positif dan Negatif. Semoga bermanfaat

Silakan bagikan artikel di atas lewat tombol share di bawah ini:

 
Home - Sitemap -
Back To Top